Cara Mengedit File Dokumen Bersama-sama dengan Google Docs

Pernahkah sobat diminta mengerjakan tugas kelompok untuk membuat satu file dokumen yang berisi kumpulan tugas itu? Kalau hanya satu orang yang bertugas mengetik tentu akan melelahkan dan tidak cepat selesai. Bagaimana caranya agar bisa mengedit satu file dalam waktu yang sama?

Berikut ini saya akan berbagi cara berkolaborasi mengedit file dengan teman-teman agar tugas cepat selesai. Kenapa menggunakan Google Docs? Memang, untuk mengolah dokumen ada Microsoft Word sudah terkenal handal dan banyak dipakai di mana-mana. Namun, di era smartphone seperti sekarang ini, ada keterbatasan-keterbatasan yang membuat Microsoft Word tidak saya rekomendasikan untuk ini.

Alasan utama adalah gratis dan bisa dikerjakan di mana-mana. Mau di desktop, laptop, tablet, atau di hape. Selama sobat memiliki akun Google (atau punya email Gmail), sobat bisa mengakses Google Docs secara gratis di perangkat apa saja. Ini berbeda dengan Microsoft Word yang hanya tersedia gratis di smartphone yang layarnya kurang dari 10 inchi. Kalau sobat mau pakai Microsoft Word di tablet yang ukurannya 10 inchi ke atas, sobat harus berlangganan Office 365 dulu. Kalau tidak, sobat hanya bisa melihat dokumen saja tanpa mengedit.

Cara edit dokumen bersama menggunakan PC
Cara paling mudah mengakses Google Docs adalah menggunakan browser. Saya sarankan sobat menggunakan browser Google Chrome karena memiliki ekstensi khusus yang dapat bekerja secara sempurna dengan browser Chrome

Pastikan sobat telah meng-upload file yang akan diedit bersama ke Google Drive.

Langkah berikutnya adalah membuka file
Caranya: Klik kanan pada file yang akan dibuka, pilih buka dengan Google Dokumen

Setelah file berhasil dibuka, sobat bisa mulai meng-share atau mengajak teman untuk mengedit file bersama-sama.
langkah-langkah meng-share dokumen untuk diedit bersama. 1. Klik bagikan, 2. masukkkan alamat email teman, 3 pilih apakah teman bisa mengedit atau hanya melihat. Kalau sudah klik beres.

Proses pengeditan bersama bisa dikerjakan dalam waktu yang sama dan tidak akan bentrok satu sama lain. Gimana, mudah kan sob?

Comments

Post a Comment

Popular Posts