Memilih Durian yang Matang dan Enak

sumber gambar: hype.my; tribunnews.com


Durian, buah favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Durian juga dikenal buah 'elit' bagi sebagian orang karena harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan buah-buahan lainnya. Ada kebanggaan tersendiri ketika kita makan durian. Biasanya sambil foto-foto lalu diupload ke media sosial.

Namun, sebelum anda berfoto-foto ria sambil menikmati buah durian, sebaiknya anda memilih buah durian yang sudah matang dan enak, sehingga kebanggaan yang anda bagikan bukan sebuah 'kepalsuan' karena sambil memendam rasa kecewa. Berikut cara memilih buah durian yang matang dan enak:


Dipukul-pukul

kalau durian yang dipukul-pukul bunyinya tidak keras, tidak memantul, berarti belum matang. Sebaliknya kalau bunyinya keras dan agak memantul seperti tong kosong, berarti belum matang.

Perhatikan tangkainya

Anda pasti sudah bisa membedakan bentuk tangkai yang dipotong, mana yang jatuh alami. Ingat, durian yang masak dan enak adalah yang jatuh sendiri. Kalau potongan tangkainya agak kasar, berarti jatuh, bukan dipotong.


Aroma

Durian yang enak biasanya punya aroma yang bisa menembus kulitnya meskipun belum dibuka. Kalau wanginya sudah tercium dari luar, biasanya sudah matang,

Musim

Durian yang enak adalah yang dihasilkan pada musim kemarau, seperti kebanyakan buah lainnya. Pada musim hujan, durian tidak terasa manis legit.


Pilih yang belum dibuka

Sebaiknya jangan memilih durian yang sudah dibuka, karena aroma dan rasanya sudah menguap. Semakin lama dibuka, semakin banyak penguapannya,

Langsung dimakan di tempat membeli

Yang terakhir ini tips bagi yang mau makan durian rame-rame. Rasa nikmat buah durian akan maksimal ketika dinikmati tepat pada saat anda ingin memakannya.

Belilah dua kilogram atau lebih, karena kemungkinan anda dan teman-teman anda akan diberi bonus tambahan oleh penjual kalau dimakan di sana, apalagi kalau yang beli cantik-cantik, hehe......

(sumber: kompas.com dan lain-lain)

Comments

Popular Posts