Tips Memilih HP Android yang Tepat

smartphone android, teknokita.com

Tidak dipungkiri lagi, android adalah sistem operasi smartphone paling banyak penggunanya. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan sistem operasi sejuta umat ini. Kalau anda tertarik membeli hp android, pastikan anda memilih dengan tepat. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memilih HP android:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Ketika anda menggunakan smartphone, apa aktivitas yang paling banyak anda lakukan. Kalau anda suka main game, pilihlah smartphone dengan spesifikasi tinggi. Kalau anda suka browsing, ber-sosial media, facebook-an, instagram, atau streaming video di youtube, tidak perlu spek yang terlalu tinggi. Kalau anda suka selfie, jepret sana-sini, pilih smartphone dengan kamera yang bagus. begitu seterusnya.

Ukuran/Dimensi Layar

Ukuran layar sangat mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan smartphone. Kalau anda suka membaca atau browsing, pilihan anda mesti yang layarnya lebih lebar (5 inchi ke atas). Kalau anda punya mobilitas tinggi dan butuh kepraktisan, pilihlah yang muat di kantong (di bawah 5 inchi).


Performa (CPU, RAM)

Makin tinggi performa smartphone, makin nyaman digunakan multitasking (membuka aplikasi banyak sekaligus). Usahakan memilih RAM 2 GB ke atas, mengingat semakin hari kebutuhan aplikasi terhadap RAM semakin besar. 

Untuk CPU bisa menyesuaikan dengan RAM. Smartphone makin besar RAM-nya, biasanya CPUnya makin besar. Tidak masalah kalau CPU tidak terlalu tinggi speknya, selama anda bukan gamer, asalkan RAM-nya memadai.

Jaringan Seluler

Urusan jaringan, pilihlah smartphone yang sudah mendukung LTE/4G meski di daerah anda belum dijangkau. Kalau tidak bisa ya minimal sudah HSPA+. Rata-rata, semua smartphone sudah mendukung jaringan HSPA+ (3.75 G). Untuk keluaran terbaru, sejak 2015, di Indonesia kebanyakan smartphone sudah mulai menggunakan 4G (LTE). 

Fungsi utama smartphone yang tidak bisa digantikan oleh PC atau Laptop adalah tersambung dengan jaringan seluler, khususnya internet. Smartphone tidak bisa dibilang smart kalau tidak tersambung dengan internet. 

Baterai

Usahakan baterai smartphone yang anda pilih minimal 2000 mAh untuk ukuran layar lebih dari 4 inchi. Ukuran layar sangat mempengaruhi keawetan baterai. Apalagi kalau setiap saat anda tidak bisa lepas dari yang namanya HP.

Merk

Aspek ini penting sekali karena biasanya kalau terjadi kerusakan pada hardware, smartphone yang merknya terkenal lebih mudah untuk diperbaiki. Ketersediaan sparepartnya lebih terjamin dibandingkan merk yang kurang terkenal. Di samping itu, harga purna jualnya pun lebih baik.

Kamera

Saya masukkan kamera dalam salah satu kriteria karena biasanya ini sangat terkait dengan kegandrungan anda dengan dunia media sosial. Semakin bagus kamera, biasanya semakin eksis penggunanya, hehe... Ya, paling tidak anda tidak perlu membeli kamera saku terpisah dengan memiliki smarphone dengan kamera yang mumpuni. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Comments

Popular Posts