Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Powebank

powerbank
Power bank adalah salah satu benda yang wajib dibawa saat travelling. Ya, karena jaman sekarang semua sudah pakai smartphone. Beda dengan jaman dulu, HP bisa dicas seminggu sekali.

Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum anda memilih untuk membeli sebuah powerbank:


Aspek fisik


Pilihlah powebank sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau anda butuh powerbank yang praktis, muat di kantong, pilih yang kecil dan tipis, tapi resikonya biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil. Sebaliknya, kalau powebank yang anda butuhkan adalah powerbank yang benar-benar 'bank' dari 'power' pilih yang memiliki ukuran besar, karena biasanya kapasitasnya lebih besar.

Kapasitas Baterai di dalamnya

Sesuaikan kapasitas baterai ponsel anda dengan kapasitas baterai dalam powerbank. Minimal, anda pilih yang kapasitasnya lebih besar sedikit dari baterai ponsel anda. Dengan demikian, setidaknya powerbank anda bisa dipakai sekali ngecas.

Sebaiknya, kalau mobilitas anda tinggi, pilihlah powerbank yang kapasitasnya dua kali lipat kapasitas baterai anda atau lebih. Dengan begini, anda bisa ngecas ponsel anda berkali-kali sampai penuh.

Penting untuk diperhatikan: Pilihlah powerbank yang kapasitasnya masuk akal. Jangan memilih powerbank yang kapasitasnya fantastis karena biasanya palsu. Misalnya 200.000 mAh. Ini angka yang fantastis, mengingat umumnya kapasitas powerbank antara 2.000 - 20.000 mAh.

Voltase atau Tegangan Output

Voltase (V) dari powerbank harus sama atau lebih besar dari voltase ponsel anda. Kalau lebih kecil. biasanya listrik tidak bisa mengalir dari powerbank ke ponsel. Anda tidak perlu khawatir dengan voltase yang lebih besar, karena setiap ponsel biasanya dilengkapi regulator voltase, asal tidak terlalu jauh perbedaannya. Kebanyakan powerbank bervoltase 5v, sama dengan voltase output komputer.

Port output

Kalau anda punya ponsel lebih dari satu, anda bisa pilih powerbank yang punya port lebih dari satu. Dengan begini anda bisa ngecas beberapa ponsel sekaligus. Tentunya dengan kapasitas yang setara dengan beban.

Keamanan

Selanjutnya, pilih powerbank yang mempunyai fitur power-cut (bisa memotong arus secara otomatis). Ini penting karena dapat mencegah terjadinya arus pendek yang bisa mengakibatkan baterai meledak atau terbakar..

Tidak kalah penting juga, fitur auto-cut. Ini berfungsi memotong arus secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh. Kalaupun tidak, biasanya setiap ponsel bisa memotong arus sendiri ketika baterai sudah terisi penuh.

Merk

Aspek ini penting-tidak penting. Kalau anda mau yang pasti-pasti, pilihlah merk yang terkenal bagus. Merk powerbank tidak mesti sama dengan merk ponsel, karena tidak semua pabrikan ponsel memproduksi powerbank. Misalnya merk samsung. Kalau ada, biasanya palsu.


Sumber : Liputan6.com

Comments

Popular Posts