Membandingkan Paket Internet Murah IM3, Tri, dan Smartfren


Ada banyak paket internet yang ditawarkan operator seluler di Indonesia. Mending mana? Yuk kita bahas sebentar.
Paket internet cepat dan murah, siapa yang tidak mau? Saat ini operator berlomba-lomba menarik perhatian dengan perang harga yang semurah-murahnya. Tapi apakah paket intenet murah memuaskan? Begini pengalaman saya:

Paket internet IM3 Ooredoo

Indosat boleh dibilang sebagai salah satu operator seluler yang paling tua di Indonesia. Soal harga layanan-layanannya, sejak zaman sms 350 hingga sekarang, operator yang identik dengan warna kuning ini sering menggulirkan angka-angka yang menggiurkan. Di sini saya akan share pengalaman menggunakan dua jenis paket internet Indosat/IM3:

IM3 Unlimited Youtube Bulanan


Indosat menawarkan paket unlimited Youtube bulanan dengan harga 70 ribu untuk 7 GB dan 100 ribu untuk 10 GB. Meski begitu, kalau melihat kartu-kartu perdana yang dipajang di konter-konter di pinggir jalan, harga IM3 unlimited Youtube 7 GB adalah 50 ribu. Sedangkan untuk unlimited Youtube 10 GB harganya 70 ribu.

Kecepatan dan kestabilan koneksi

Paket ini meskipun data regulernya terbatas, namun kecepatan dan kestabilanya dapat diandalkan, meski tidak bisa sampai sekencang yang dijanjikan di situs resminya, 185Mbps. Paket Unlimited Youtube bulanan ini bisa mencapai kecepatan hingga 60Mbps (7,5 MB per detik). Saking cepat dan stabilnya, sekali dipakai ber-instagram sekitar 15-20 menit bisa menghabiskan 300 MB. Wow.

Kelebihan dan kekurangan paket IM3 Unlimited Youtube

Bicara kelebihan atau kekurangan sebenarnya relatif, tergantung sobat mau pakai buat apa. Kalau sobat lebih banyak menggunakan hp untuk nonton Youtube, saya kira ini adalah paket yang bagus. Selama menggunakan paket ini, saya tidak pernah buffering, paling tidak di kualitas HD 720p lancar jaya. 

Tapi kalau sobat lebih banyak ber-Instagram ria, paket ini bagus banget sih, di hp saya yang ber-resolusi 1080p (yang mestinya membutuhkan data yang lebih besar untuk memuat satu foto ketimbang 720p) sangat cepat dan stabil sih, tapi karena Instagram bukan termasuk aplikasi yang unlimited pada paket ini, mungkin bisa saja seminggu sudah habis kuota utamanya. 

Yang saya suka dari paket ini adalah data rollover. Ya, meskipun sudah lebih dari 30 hari, sisa paket yang aktif otomatis diperbarui sampai 30 hari berikutnya dengan syarat saldo pulsa mencukupi syarat minimal.

Paket Yellow


Paket ini cukup ramah kantong bagi sobat yang butuh paket internet hanya sebagai formalitas atau darurat saja. Ya, misalnya sehari-hari sudah ter-cover jaringan wifi yang wuzz wuzz, di rumah ada wifi, di kantor ada wifi juga. buat apa paket internet? Mungkin kalau lagi di jalan sekedar untuk membalas chatting Whatsapp saja. Buat apa beli paket mahal kalau tidak dipakai?
Paket ini pada awalnya berharga Rp. 1000 untuk 1 GB  berlaku selama 24 jam. Sekarang harganya naik menjadi Rp. 2000. Mungkin karena perang harganya terlalu sadis kali ya....

Kecepatan dan kestabilah.

Bagi sobat yang mengandalkan paket data sebagai koneksi utamanya, apalagi senang berselancar foto di Instagram atau streaming Youtube, paket ini kecepatannya buruk sekali, apalagi di jaringan 4G. Masalah koneksi lemot ini bisa diakali dengan mengubah jaringan hp menjadi 3G, meski kecepatannya tidak meningkat signifikan.

Dibandingkan dengan paket Unlimited Youtube bulanan, paket ini jauh jauh lebih lemot walaupun dipakai di lokasi yang bagus sinyalnya. Intinya, paket ini bisa digunakan sebagai sarana melatih kesabaran sobat agar semakin naik levelnya. Caranya dengan membiasakan bersabar menunggu foto Instagram dimuat sampai jelas, atau video di aplikasi Facebook yang cuma 5 menit bisa ditonton sampai habis.

Soal kestabilan, saya katakan paket ini sangat stabil (dalam kelemotannya) di mana kecepatan maksimal yang didapatkan sekitar 2Mbps.

Kelebihan dan kekurangannya? Yaa, sobat nilai sendiri  lah dari review saya di atas. Prinsip dasarnya, kata orang jawa ono rego ono rupo. Ada harga, ada kualitas. Oke, (tetap) masuk akal Pak Eko.

Paket Unlimited+ Youtube Rp. 5000 per tiga hari


Satu lagi paket internet dari Indosat yang dapat dibilang murah adalah paket unlimited Youtube yang harga paling murahnya adalah Rp. 5000 berlaku selama tiga hari. Paket ini bisa menjadi alternatif bagi sobat qismin  yang resah karena paket yellow naik menjadi Rp. 2000. Paket ini cukup menggiurkan karena fitur unlimitednya menurut situs resminya mencakup beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, Gojek, Grab, BBM, Facebook Messeger, dan almarhum Path, serta situs streaming musik Spotify dan streaming film iFlix juga termasuk unlimited. Benarkah?

Sejauh ini saya masih mencoba membuktikannya dan karena datanya belum habis, jadi belum bisa bilang apa-apa. Tapi beberapa reviewer mengatakan benar dan fitur unlimited sosmed dan streaming di atas tetap bisa dilakukan meski kuota utama telah habis. Ya, saya buktikan dulu, karena dulu pernah beli paket unlimited youtube bulanan tapi medsos masih tetap makan kuota.

Kecepatan dan Kestabilan

Soal kecepatan, sepanjang dua hari ini saya coba, 11-12 dengan kecepatan paket Yellow (if you don't want to say lemot). Tapi meskipun cukup lemot saya heran Youtube masih bisa lancar di kualitas 360p hingga 480p (untuk kualitas HD masih buffering). 

Kesamaan lain paket ini dengan paket Yellow adalah kalau sudah sore hingga malam lemotnya semakin menjadi-jadi. Youtube saja yang biasanya lancar jadi cuma mentok di kualitas 144p kalau mau lancar. Duh Gusti....

Kelebihan dan kekurangan paket IM3 Unlimited+ Youtube Rp. 5000

Bisa streaming Youtube sepuasnya adalah nilai plus bagi sobat yang suka nonton atau streaming lewat Youtube. Tapi, sobat cuma punya jatah 500 MB yang bisa digunakan untuk mengakses situs di luar yang dijanjikan unlimited. Ini tidak menguntungkan bagi anak IG yang tentunya haus data. Tapi jangan khawatir, meski sedikit, paket ini cukup irit juga (mungkin karena dibantu oleh kecepatan rendahnya sehingga foto-foto yang tidak jadi dilihat turut menyumbang tabungan kuota).

Paket internet Tri

Meskipun termasuk operator yang belakangan masuk di pasar Indonesia, Tri cukup banyak diminati karena tawaran-tawaran harganya yang fantastis murah. Sejak dulu, sebelum era 4G, tepatnya ketika android masih versi Gingerbread, kartu Tri adalah kartu idola banyak orang. Ketika rata-rata operator masih menjual paketnya paling murah Rp. 50 ribu untuk data 2 GB, tri sudah main di kisaran harga 20 ribuan. Apalagi saat itu resolusi layar kebanyakan hp Android masih belum HD, jadi kuota 2 GB saja masih terasa besar dan cukup hemat untuk dipakai di HP.

Paket kuota cinta


Sejak kuota 2 GB terasa makin kecil, Tri lagi-lagi menabuh genderang perang tarif dengan meluncurkan paket kuota cinta. Yang menggiurkan dari paket ini adalah dengan harga 60 ribuan bisa mendapat kuota dasar sebesar 6 GB dan ekstra paket puluhan giga berupa kuota weekend 18 GB, bonus 4G 6 GB, dan kuota malam 20 GB. 

Kecepatan dan kestabilan 

Berdasarkan pengalaman pribadi, kecepatan paket ini lebih baik daripada paket yellow. Meskipun dalam kondisi tertentu bisa parah lemotnya, tapi dalam kondisi normal masih ok dipakai browsing atau download.

Kelebihan dan kekurangan paket Tri kuota cinta

Paket ini memang menggiurkan bagi sobat yang senantiasa mendambakan kuota melimpah dengan harga murah. 
Tapi, meskipun kuotanya melimpah, mata sobat jangan sampai terpikat pada angka masa aktifnya yang mencapai 90 hari. Masa aktif hingga 90 hari hanya berlaku pada kuota utama saja. Sedangkan kuota ekstranya yang mencapai puluhan giga hanya berlaku hingga 30 hari.

Apakah paket ini worth? Tergantung bagaimana sobat mau memakai paket ini. Kalau sobat adalah seorang downloader yang sekali download bergiga-giga dan tidak punya akses ke wifi, saya pikir worth. Tapi kalau sobat cuma mau browsing saja, sobat perlu pikir-pikir lagi karena bakal banyak kuota yang tidak terpakai secara maksimal.

Paket Tri harian 2 GB Rp. 1500


Paket ini bisa menjadi alternatif selain paket Indosat yellow yang sama-sama punya skema harian. Apalagi sekarang harganya lebih murah daripada yellow. 

Kecepatan dan kestabilan

Paket ini memiliki kecepatan yang 11/12 dengan paket tri yang lain. (Saya kira tidak ada bedanya, karena sama-sama paket reguler bukan unlimited).

Kelebihan dan kekurangan

Paket ini kuotanya dua kali lipat lebih banyak daripada indosat yellow. Ini adalah nilai plus bagi downloader. Kekurangannya, paket ini dibagi menjadi dua berdasarkan waktu. Untuk jam 01.00-09.00, diberi alokasi kuota 1,5 GB. Di luar jam itu, sobat hanya punya kuota 500 MB. Tentunya ini adalah nilai minus bagi Instagram mania yang sekali scroll bisa memakan kuota 300 MB.

Paket internet Smartfren Unlimited 60 ribu


Jauh sebelum menjamurnya smartphone android, operator CDMA smart yang nantinya merger dengan operator fren telah terkenal dengan paket unlimitednya. Ya, zaman ketika kecepatan 3 Mbps saja sudah dirasa cepat. Kini, Smartfren kembali menghadirkan paket unlimited yang cukup murah, cuma 60 ribu atau 70 ribu kalau dengan kartu perdananya. 

Kecepatan dan kestabilan

Soal kecepatan, paket ini dapat dikategorikan cukup cepat meski tidak secepat unlimited youtube bulanan-nya IM3, tapi cukup cepat untuk meghabiskan 1 GB FUP.
Soal kestabilan, sejauh yang saya coba cukup stabil bahkan meski sinyalnya kurang bagus. Paket ini cukup recommended bagi Instagram mania yang memang butuh kuota besar agar maksimal pengalamannya. 
Tambahan lagi, selama saya memakai paket ini, memutar video di beranda Facebook sangat lancar, kalau FUP masih ada. Video sepanjang lima menit bisa habis dalam waktu 5 menit juga.

Kelebihan dan kekurangan

Di saat kebutuhan kuota semakin besar karena aktivitas smartphone zaman now 100% ditopang koneksi internet, paket ini bisa menjadi pilihan bagi sobat yang mengandalkan koneksi seluler sebagai jalur utamanya. Tapi, kalau sobat mengandalkan wifi, saya rasa nanti mubazir kalau tidak dipakai.

Bagaimana dengan FUP-nya?

Paket Smartfren unlimited memiliki FUP (fair usage policy) sebesar 1 GB per hari. Artinya, setelah data yang digunakan mencapai 1 GB, kecepatan mulai diturunkan dari best effort (maksimal) menjadi sekitar 500 Kbps. Setelah FUP habis, sobat masih bisa stabil di kecepatan 500 Kbps, tidak jelek lah untuk sekedar streaming video Youtube dengan kualitas 240p - 360p.

Saya pernah mencoba download setelah FUP habis. Awalnya memang kecepatannya mentok di 500 Kbps, tapi setelah mencapai 1 GB kecepatannya turun lagi menjadi sekitar 128 Kbps saja. Wow. Dalam kondisi ini sobat mungkin cuma bisa chatting Whatsapp saja.

Untungnya batasan FUP cuma berlaku sehari. Jadi kecepatannya bisa pulih keesokan harinya.

Comments

Popular Posts