Solusi Ampuh Kuota Data Boros


Seiring dengan semakin tingginya resolusi layar Hp dan semakin cepatnya koneksi internet, makin lama kuota terasa makin cepat habis. Bagaimana mengatasi masalah ini kalau misalnya sobat punya kuota data yang terbatas? Berikut tips-tipsnya:

Gunakan fitur penghemat data bawaan dalam aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang sering sobat gunakan rata-rata memiliki fitur penghemat data. Fungsinya untuk menurunkan kualitas gambar atau video sehingga dapat menghemat kuota sobat. Untuk aplikasi browser internet misalnya Chrome, UC Browser, Opera masing-masing memiliki fitur penghemat kuota. Demikian pula aplikasi media sosial yang paling banyak dipakai seperti Instagram,  Facebook, dan WhatsApp memiliki fitur bawaan penghemat data.

Cek cara menghemat kuota di masing-masing aplikasi di sini.

Gunakan aplikasi versi khusus yang didesain untuk menghemat data

Beberapa aplikasi memiliki versi khusus yang didesain untuk menghemat data. Contohnya, Youtube Go, Facebook Lite, Twitter Lite, Messenger Lite, dan sebagainya. Bagi sobat yang tidak mau ribet, saya sarankan gunakan aplikasi khusus hemat data seperti di atas. Tapi yang jelas jangan berharap senyaman menggunakan aplikasi aslinya.

Gunakakan browser dengan penghemat data ekstrim

Terdapat beberapa aplikasi browser internet yang memiliki fitur penghemat data ekstrim, contohnya yang terkenal Opera Mini atau UC Mini. Kedua aplikasi ini mampu menghemat data hingga 90% dari data aslinya. Dengan demikian, sobat bisa lebih banyak membuka website atau link dari media sosial.

Jangan gunakan browser/peramban bawaan dalam aplikasi

Kalau sobat benar-benar mau menghemat data secara ekstrim, sobat perlu mematikan opsi browser bawaan aplikasi sehingga bisa dialihkan menuju aplikasi browser penghemat data ekstrim.

Cara menonaktifkan browser bawaan dalam aplikasi


Lightpages: aplikasi alternatif browser penghemat data ekstrim


Kalau sobat ogah menggunakan Opera Mini atau UC Mini, ada aplikasi alternatif yang punya jurus jitu untuk menghemat data. Namanya Lightpages. Aplikasi ini membelokkan link yang sobat buka menuju layanan Google weblight yang biasanya bisa sobat temukan ketika mencari sesuatu di Google dalam kondisi koneksi buruk.

Comments

Popular Posts